Wonders Of Nature Lain di Indonesia Selain Pulau Komodo

Posted by Afiat | Posted in | Posted on 11.09

Capek gan bahas masalah teroris mulu, bahas Indonesia dari sisi lain yuk, tentang dahsyatnya kekayaan alam Indonesia

Ok lanjut, benernya, selain Taman Nasional Pulau Komodo, masih banyak banget keajaiban alam di Indonesia yang harusnya pantas masuk final New 7 Wonders of Nature

Sayangnya pula, banyak banget yang belum diekspose. Ini sebagian diantaranya gan..


1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Taman nasional ini luasnya 50.276,3 ha, merupakan kaldera raksasa hasil letusan gunung Tengger Purba ribuan tahun lalu. Yang bikin unik, selain ada gunung Bromo yang masih aktif, kaldera ini dikelilingi lautan pasir seluas 5.250 hektar (diameternya 6-8 km). Ajibbb gan!!!






2. Taman Nasional Raja Ampat, Papua

Taman nasional ini merupakan suatu kepulauan yang terdiri dari 1500an pulau-pulau kecil di ujung kepala burung pulau Papua. Ada empat pulau utama, yaitu Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo.

Tahun 2002, The Nature Conservancy mengadakan survey di kepulauan ini dan hasilnya menunjukkan kepualauan ini mengandung keanekaragam hayati laut terbesar di dunia. Mantaaabbss!






3. Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatra

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Sumatra. Luasnya 13,750 km², dan mencangkup empat provinsi: Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatra Selatan.

Taman nasioanl ini juga merupakan surga dari keanekaragaman flora dan fauna. Lebih dari 4,000 spesies tanaman tumbuh di tempat ini, termasuk bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Kerinci Seblat juga merupakan rumah dari harimau, badak, gajah sumatra, leopard, tapir serta 370 spesies burung.







4. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara sekaligus satu-satunya taman nasional di dunia yang memiliki ekosistem terlengkap.

Lokasinya yang membentang dari puncak gunung Jayawijaya yang diselimuti salju (5.030 meter dpl), hingga membujur ke pesisir perairan Laut Arafuru membuat taman nasional ini memiliki ekosistem beragam (bayangkan dalam satu taman terdapat berbagai kondisi ekosistem berbeda mulai dari gunung bersalju hingga ekosistem laut tropis!)






5. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Ada satu ungkapan yang cocok banget buat taman nasional Baluran, yaitu "Afrikanya pulau Jawa".
Luas taman nasional ini 25.000 ha, ditengah-tengahnya ada gunung Baluran yang sudh mati. Sekitar 40% dari taman nasional ini merupakan padang savanah yang dihuni banteng, rusa dan kerbau liar. Baluran juga merupakan tempat hunian bagi merak hijau, elang, ayam hutan, tekukur dan banyak hewan lain.

Btw, selain savanah, Baluran juga memiliki hutan hijau, rawa, mangrove, dan pantai yang mantab punya.







sumber: kaskus.us dan  wikipedia, situs2 tentang taman nasional, search di google aja, pasti ketemu..

Comments (0)

Posting Komentar

Terima Kasih! Mohon Komentar Jangan Spam ya